Luhut Binsar Panjaitan Sebut Masa Kritis Covid-19 Tinggal 2 Bulan

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap ada oposisi yang konstruktif, yang membantu mengawasi jalannya pemerintahan Jokowi periode kedua. (dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, critical time atau masa-masa kritis pandemi Covid-19 di Indonesia tinggal dua bulan lagi jika Desember mendatang sudah ada vaksin.

Menurutnya, jika tak ada aral melintang ataupun kendala, Indonesia akan menerima 30 juta hingga 40 juta vaksin Covid-19 pada Desember 2020.

“Setelah itu (ada vaksin pada Desember 2020, red) nanti kuartal pertama tahun depan keadaan akan menjadi makin baik,” ujar Luhut dalam acara peluncuran Bangga Buatan Indonesia secara daring, Rabu (16/9).

Mantan menteri koordinator politik, hukum dan keamanan itu menambahkan, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dalam beberapa bulan belakangan ini sudah makin baik. Luhut lantas membandingkan dengan kondisi pada awal pandemi atau Maret hingga Mei.

“Masih banyak mengalami hambatan, tetapi sekarang sudah makin tertib penanganannya,” tuturnya.

Baca juga: Syahrial Nasution: Mungkin Kalau Pak Luhut Jadi Presiden Sementara, Jauh Lebih Efektif Atasi Covid-19

Melihat kondisi tersebut, mantan Dubes RI untuk Singapura itu menyemangati para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang selama ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Luhut meminta para pelaku UMKM bersiap dalam menghadapi persaingan yang makin bebas.

“Ayo siapkan diri, Indonesia harus lebih baik, UMKM harus bangga bahwa kalian adalah ujung tombak, tulang punggung dari ekonomi Indonesia,” tegasnya. (jpnn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...