Terima Gelar Adat, Ternyata Mayjen TNI Andi Sumangerukka Keturunan Panglima Perang Bone

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka melakukan kunjungan kerja di Bone

FAJAR.CO.ID, BONE — Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka melakukan kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka, Kamis (17/9/2020).

Dewan Adat Saoraja Kabupaten Bone juga menganugrahkan nama Andi Sumangerukka Petta Teru. Nama itu merupakan nama neneknya sendiri yang juga panglima kerajaan Bone.

Petta Teru berarti sosok bangsawan bugis memiliki semangat pemberani, tangkas dan gesit dalam mengambil keputusan pemulihan suasana di suatu wilayah.

Menurut jenderal bintang dua itu, kedatangan di Bone untuk mengenang masa kecil dan leluhur. Sebab, setelah dilantik sebagai panglima, kewajiban memang harus datang di dua tempat di Sulsel.

“Bone dan Bulukumba saya harus datang. Saya ingin bersama-sama komunitas menghargai leluhur saya. Jadi dulu pernah ada om saya jadi bupati,” katanya.

Kata dia, begitu datang ke sini harus bernostalgia. Dulu, di Lapangan Merdeka sering duduk-duduk kalau malam. Tempat itu adalah tempat berkumpulnya kawula muda.

“Jadi kesan-kesan saya di situ. Saya sebenarnya mau nongkrong kalau malam dan makan-makan,” kelakarnya.

Sekaitan dengan nama Petta Teru, mantan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Politik Badan Intelijen Negara menjelaskan, nama itu kalau dilihat dari sejarah itu memang keturunan panglima perang.

“Alhamdulillah, saya juga ditunjuk sebagai Panglima Kodam,” bebernya. (agung/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...