Asisten Wasit Nasional Puluhan Tahun, Mujianto Kini Jadi Juru Rawat Hutan Kota

Mujianto. (Foto: JPG)

FAJAR.CO.ID — Dengan cekatan Mujianto memasang selang pada ujung keran di salah satu sudut Hutan Kota Joyoboyo, Kota Kediri kemarin. Diputarnya tuas perlahan dengan tangan kanannya. Sekejap, menyembur air dari ujung selang di tangan kirinya.

Suara kicau burung berpadu dengan sinar matahari yang merangsek di antara rerimbunan pohon di sana. Seakan perpaduan sempurna untuk mengakhiri hari dengan menikmati senja di jantung Kota Kediri.

Kebanyakan orang akan memanfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat. Bersantai sembari menikmati secangkir teh atau kopi. Ditemani iringan merdu Paul McCartney yang melantunkan langgam Penny Lane. Salah satu lagu andalan band legendaris Inggris, The Beatles.

Namun, waktu menjelang petang itu justru dimanfaatkan Mujianto untuk kembali bekerja. Menyirami berbagai tanaman yang ada di Hutan Kota Joyoboyo agar tidak layu. Mulai dari dedaunan, bunga, hingga rerumputan turut dibasahinya dengan telaten.

“Kalau disirami sore atau malam hari justru bagus untuk tanamannya,” ujar pria yang tinggal di Lingkungan Bence, Kelurahan Pakunden, Kecamatan Pesantren tersebut tentang teorinya merawat tanaman.

Puluhan tahun menjadi asisten wasit sepak bola nasional, Mujianto akhirnya pensiun pada 2016 silam. Setelah menggantungkan peluitnya, ia kini dipercaya menjadi juru rawat Hutan Kota Joyoboyo.

Pria yang akrab disapa Yanto tersebut memang telah lama bekerja sebagai juru rawat taman. Mulanya, ia mengawali aktivitasnya tersebut kala 2000-an awal. Yakni saat ia menjadi pegawai honorer di Dinas Pertamanan Kota Kediri.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...