Data WHO: 1 dari 7 Kasus Positif Corona Adalah Tenaga Medis yang Tertular

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta agar tenaga kesehatan tetap sehat dan prima. Itu demi mengoptimalkan layanan kesehatan.

Mirisnya, data dari WHO mengungkap 1 dari 7 kasus virus Korona adalah tenaga medis. Secara global, sekitar 14 persen dari kasus Covid-19 yang dilaporkan kepada WHO ada di antaranya adalah petugas kesehatan.

“Dan itu terjadi di beberapa negara sebanyak 35 persen,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers di Jenewa, baru-baru ini seperti dilansir dari Washington Post, Jumat (18/9/2020).

Data yang dikumpulkan oleh WHO menunjukkan bahwa petugas kesehatan mewakili kurang dari 3 persen populasi di sebagian besar negara. Serta kurang dari 2 persen di hampir semua negara berpenghasilan rendah dan menengah. Namun data WHO, yang dirilis untuk memperingati Hari Keselamatan Pasien Sedunia pada Kamis (17/9), cocok dengan perhitungan di berbagai negara.

Pada April, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menemukan bahwa pekerja perawatan kesehatan menyumbang 11 persen hingga 16 persen dari kasus Covid-19 selama gelombang infeksi pertama di Amerika Serikat. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tingkat infeksi yang tinggi karena pengujian yang lebih tinggi di antara petugas kesehatan.

“Kemungkinan ada bias dalam data ketika Anda melihat petugas kesehatan,” kata seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins Amesh Adalja.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...