Terjebak di India, 237 Jamaah Tabliq Belum Kembali

MISI DAMAI: Handris (dua dari kiri) dan Andri Supriyanto (dua dari kanan) tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu malam (3/6). Mereka termasuk 16 WNI yang berhasil dievakuasi dari Kota Marawi, Mindanao, Filipina. (Miftahul Hayat/Jawa Pos/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sedikitnya 122 WNI Jamaah Tablig yang sempat terjebak di India sejak Maret akhirnya berhasil dipulangkan. Sementara upaya repatriasi yang dilakukan untuk 237 WNI Jamaah Tablig yang masih terus dilakukan. WNI itu mayoritas berada di India dan sebagian besar berada di negara bagian antara lain Andhra PRadesh, Uttar Pradesh, Telengana, New Delhi, Maharashtra.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan total WNI yang telah dipulangkan sekitar 515 WNI. Mayoritas merupakan Jamaah Tablig di India telah berhasil dipulangkan. ”Pemulangan ini merupakan hasil dari berbagai upaya yang terus dilakukan oleh KBRI di New Delhi dan KJRI di Mumbai,” jelas Retno dalam konferensi pers virtual pada Kamis (17/9).

Retno pun menceritakan, dalam pertemuan para Menlu ASEAN-India pada Sabtu lalu, Dirinya meminta Menteri Luar Negeri India untuk terus memberikan bantuan agar mereka dapat segera kembali ke negara masing-masing.

”Ini konteksnya ASEAN dan JT tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga beberapa negara ASEAN sehingga saya menyampaikan agar dapat dibantu para anggota JT ini kembali ke negara masing-masing,” jelasnya.

Ditegaskannya pula upaya repatriasi bukan merupakan proses yang mudah. ”Dibutuhkan kesabaran dan pendekatan dalam memberikan pandangan. Ini yang terus kita lakukan. Khususnya untuk memulangkan 515 yang masih tersisa,” imbuh Retno.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...