201 Ribu Siswa di Makassar akan Terima Kuota Internet Gratis

Plt Kepala Disdik Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah pusat lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) akan membagikan kuota internet kepada guru dan siswa sebagai wujud bantuan belajar daring yang hingga kini masih terus berlangsung.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Andi Irwan Bangsawan menjelaskan, khusus di Makassar, peserta didik yang akan menerima manfaat kuota internet belajar sekitar 201 ribuan. Berdasarkan data yang ada di Disdik, mulai tingkatan TK hingga SMP yang berjumlah 224.660 orang.

“Untuk siswa SD dan SMP, akan diberikan kuota sebesar 35 GB setiap bulan selama empat bulan. Sementara untuk pengajar, diberikan kuota 42 GB setiap bulan selama empat bulan,” ungkap Irwan, Sabtu (19/9/2020).

Penyaluran kuota belajar tersebut rencananya akan diluncurkan secara resmi di September ini. Namun, kapan waktunya, kata Irwan, masih menunggu pemutakhiran data yang lebih valid di lapangan.

Menurutnya, pembagian kuota internet tersebut didasarkan pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sehingga kesalahan bisa diminimalisir.

“Program ini dilakukan pemerintah pusat dengan berbagai pertimbangan. Oleh karena itu dilakukan pendataan nomor telepon bagi calon penerima manfaat yang mengacu pada dapodik di sekolah masing-masing,”sebutnya.

Sebelumnya, lanjut Irwan, melalui CSR Telkomsel, juga dibagikan kuota internet sebesar 10 GB untuk peserta didik. Namun masih terbatas dan tidak bisa mengcover seluruh peserta didik yang ada.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...