Demi Masyarakat, JK Sarankan Pilkada 2020 Ditunda

Jusuf Kalla

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) menilai jika syarat-syarat Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal kampanye pada Pilkada 2020 dilanggar, ia menyarankan pelaksanaan pilkada ditunda saja atau dipertimbangkan kembali waktunya.

JK meminta keselamatan dan kesehatan masyarakat harus lebih diutamakan pada kondisi saat ini. JK yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) ini mengimbau agar pilkada serentak ditunda dulu hingga vaksin virus Corona ditemukan.

Dia menambahkan, jika perkumpulan orang sulit untuk dicegah, misalnya 50 orang sesuai yang dikeluarkan oleh masing-masing gubernur, maka lebih baik mengutamakan masyarakat dan pilkada bisa ditunda.

“Kalau terjadi pelanggaran syarat-syarat, katakanlah kampanye hanya 50 (orang), tapi terjadi 200 (orang). Kalau terjadi kecenderungan itu ya lebih baik dipertimbangkan kembali waktunya,” tegas JK, Sabtu (19/9/2020).

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) ini menyarankan penundaan itu hingga sampai beberapa bulan sampai dengan vaksin ditemukan. “Vaksin ditemukan nanti langsung menurun itu (penyebaran virus Corona),” bebernya. (eds)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...