Facebook Diduga Memata-matai Pengguna Instagram Melalui Kamera Selfie

Ilustrasi kamera selfie Instagram

FAJAR.CO.ID, TEKNO —  Facebook menghadapi gugatan lain, dengan tuduhan memata-matai pengguna Instagram melalui kamera mereka. Kabarnya, raksasa media sosial itu mengambil alih kamera selfie smartphone untuk memata-matai penggunanya.

Menurut laporan Bloomberg, gugatan tersebut telah diisi setelah berbagai laporan media muncul bahwa aplikasi media sosial telah mengakses kamera iPhone bahkan ketika pengguna tidak aktif menggunakannya.

Sejak itu, Facebook telah membantah laporan tersebut dan menyalahkan seluruh masalah pada bug, yang tampaknya diperbaiki, yang menggunakan kamera selfie iPhone.

Seorang pengguna Instagram dari New Jersey, AS, mengajukan keluhan awal pekan ini. Gugatan menyatakan bahwa penggunaan kamera itu disengaja dan dilakukan untuk tujuan mengumpulkan data yang menguntungkan dan berharga tentang penggunanya yang tidak dapat diaksesnya.

Mereka lebih lanjut menyatakan bahwa dengan memperoleh data pribadi yang sangat pribadi dan intim tentang penggunanya, termasuk dalam privasi rumah mereka sendiri, mereka dapat mengumpulkan wawasan dan riset pasar.

Facebook menolak mengomentari masalah ini. Khususnya, gugatan ini datang hanya sebulan setelah tindakan hukum lain yang dihadapi perusahaan atas akuisisi ilegal data pengguna.

Dalam beberapa tahun terakhir, privasi online dan keamanan data telah menjadi perdebatan panas, dengan banyak yang mengkritik nama besar seperti Google dan Facebook karena memiliki metode pengumpulan data pengguna yang dirahasiakan. Jadi nantikan pembaruan lebih lanjut terkait masalah ini.(yusran/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...