Kemah Literasi, Kajari Sinjai: Pengawasan Hukum Bukan Hanya Tugas APH

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Kemah literasi yang digelar oleh Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Sinjai mengundang sejumlah tokoh untuk menjadi narasumber. Salah satunya Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai, Aji Prasetya.

Dalam kesempatan ini, Aji diamanahkan untuk berbagi pengetahuan terkait partisipasi pemuda dalam penegakan hukum. Berlangsung di Lapangan Tangkalia, Desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat, Sabtu (19/9/2020).

Menurutnya, pengawasan hukum itu bukan hanya menjadi tugas Aparat Penegak Hukum (APH). Melainkan, peran itu juga menjadi tugas masyarakat.

Dia memberi contoh terkait perkembangan teknologi yang kian pesat. Semua informasi dapat diakses melalui gawai atau handphone. Baik informasi positif maupun negatif. Termasuk informasi hoaks.

Jika masyarakat, khususnya kaum muda tidak mampu menyaring informasi dengan baik, maka akan berdampak terhadap pola pikir dan tingkah laku.

“Masyarakat bisa berdampak pidana jika turut menyebar informasi tidak benar, ada undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE),” ujarnya.

Oleh karena itu, peran pemuda dibutuhkan untuk menyampaikan kepada kerabat, rekan, dan masyarakat umum lainnya terkait bahaya menyebar informasi ini.

“Menyampaikan atau menegur rekan jika menyebar informasi tidak benar melalui teknologi merupakan salah satu bentuk pengawasan dari masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC), Nasrullah Mustamin sebagai narasumber. Hadir pula Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Sinjai, Irwan Suaib, Kepala Desa Kanrung, Buhari Hamid, dan Kepala Desa, Insan. (sir)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...