Fredrich Yunadi Pakai Telepon di Lapas, Ini Desakan Erwin Natosmal Oemar untuk Kalapas

Fredrich Yunadi (JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) diminta untuk mendalami dugaan penggunaan telepon genggam Fredrich Yunadi. Terpidana kasus merintangi penyidikan KPK itu sedang mendekam Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Cipinang.

“Segera diperiksa. Ini untuk memastikan kepercayaan publik, Kalapas harus memeriksa yang bersangkutan (Fredrich Yunadi) dan oknum-oknum yang terlihat dugaan tersebut dan menjelaskan temuannya kepada masyarakat,” kata Sekretaris Nasional Pilnet Indonesia, Erwin Natosmal Oemar kepada JawaPos.com, Minggu (20/9).

Erwin menyebut, sulit untuk percaya jika akses terhadap alat elektronik itu hanya dilakukan seorang terpidana tanpa adanya bantuan dari oknum penjaga Lapas. Hal ini harus di dalami oleh petugas, agar bisa diungkap siapa saja oknum yang bermain membantu mantan pengacara Setya Novanto itu.

Erwin menduga, terdapat permasalahan disiplin internal di penjagaan Lapas. Karena bukan kali pertama terpidana bisa membawa alat komunikasi ke dalam Lapas.

“Tidak ada transparansi dan akuntabilitas penegakan hukum dan disiplin terhadap mereka yang bermasalah. Sehingga menyebabkan pengawasan jadi kurang maksimal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Cipinang, Toni Nainggolan membenarkan terpidana kasus perintangan penyidikan KPK, Fredrich Yunadi menggunakan telepon genggam dari dalam Lapas. Saat ini masih di dalami oleh pihak Lapas.

“Benar, ini sedang kami dalami,” kata Toni kepada JawaPos.com, Minggu (20/9).

Toni meminta publik untuk bersabar terkait penggunaan telepon genggam oleh mantan pengacara Setya Novanto itu. Pihaknya pun turut mendalami kapan Fredrich terakhir menggunakan telepon genggam dari dalam Lapas.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...