Faisal Basri: Tiap Minggu Ganti Tim Covid-19, Tapi Orangnya Tetap Itu-itu Saja

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia menurut ekonom senior Faisal Basri masih jauh dari kata baik.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak memiliki terobosan atau jalan pintas dalam menangani virus ini dan lebih berfokus untuk menangani masalah ekonomi atau sektor keuangan.

Bahkan katanya, Jokowi selalu membuat tim baru terkait penanganan COVID-19 di Indonesia. Jokowi juga dianggapnya tak memiliki panglima dalam menangani pandemi ini.

“Wajar kalau tiap minggu Pak Jokowi ini menerbitkan, mengumumkan tim baru. Ada tim percepatan vaksin, ada tim menangani delapan provonsi dengan kasus tinggi. Tim melulu,”kata Faisal dalam sebuah diskusi daring di Youtube, Senin (21/9/2020).

“Orangnya juga itu-itu saja, tidak ada yang bekerja full time untuk menangani virus ini. Komandannya itu tidak ada yang kerja full time, enggak ada,” lanjutnya.

Diketahui, Jokowi beberapa kali membentuk tim terkait penanganan COVID-19. Pertama, di awal masa pandemi COVID-19 pemerintah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dikomandoi oleh Kepala BNPB Doni Monardo.

Selanjutnya pada pertengahan masa pandemi, tim ini dilebur bersama Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) yang diketuai oleh Menteri Koordinato (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto serta Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ketua harian.

Lalu pada pekan lalu, Jokowi menunjuk Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk menangani pandemi di sejumlah provinsi yang jadi prioritas pemerintah.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...