Guru Honorer ‘Disuntik’ Rp2,4 Juta, Begini Skemanya

ILUSTRASI.

FAJAR.CO.ID, MANADO — Kabar gembira menghampiri ribuan guru honorer di Sulawesi Utara (Sulut). Pemerintah pusat sedang menyiapkan subsidi gaji sebesar Rp2,4 juta tiap guru honorer. Skemanya mirip dengan bantuan untuk karyawan bergaji di bawah Rp5 juta.

Informasi ini disambut baik pemerintah kabupaten/kota di tanah Nyiur Melambai. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung Julius Ondang, melalui Sekretaris Meylinda Salideho mengatakan, sudah mendengar ihwal bantuan dari pemerintah pusat kepada guru honorer. “Dinas mensuport dan menindaklanjuti administrasi yang diperlukan. Total guru honorer sebagai mana data yang ada yakni 465,” sebut Salindeho.

Untuk Kota Tomohon, dari 300 Guru Tidak Tetap (GTT) alias guru honorer, setengah dari jumlah tersebut, diungkapkan Kepala Dinas Dikda Tomohon Dolvin Karwur, melalui Kabid Pendidikan Dasar Selvie Poluan, telah mendapatkan bantuan Rp600 ribu perbulan. “Sudah sementara disalurkan. Teknis-nya dua bulan sekali kita bayarkan. Guru Honorer yang ber SK wali kota saja,” sebutnya, ketika diwawancarai Minggu (20/9).

Dirinya melanjutkan, penyaluran bantuan pusat bagi para Guru Honorer tersebut, dialokasikan pihaknya ke APBD TA 2020 di Pos Dana Alokasi Umum (DAU). “Sudah tertata di DAU tahun ini. Kalau tidak salah penyalurannya sampai Bulan November,” tutup dia.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Bolmut, Sulaha Mokodompis menambahkan, jumlah keseluruhan guru honorer daerah berjumlah 162 orang. “Benar ada bantuan dari pusat yang diberikan kepada guru honorer,” sebutnya. “Meskipun bantuan belum diterima, namun rencana bantuan ini patut diapresiasi. Pasalnya, bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap guru honorer, ungkap Mokodompis.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...