Korban Covid AS Cetak Rekor Lagi, Tes Capai 1 Juta dalam Sehari

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung melandai, Amerika Serikat berhasil mencetak rekor dengan melakukan tes diagnostik kepada lebih dari satu juta warganya dalam satu hari.

Meski begitu menurut benerapa ahli, AS sebenarnya membutuhkan enam sampai 10 juta tes sehari untuk bisa mengendalikan wabah virus corona jenis baru tersebut di sana.

Data dari Proyek Pelacakan Covid, AS telah melakukan 1.061.411 tes pada Sabtu (19/9) yang dijalankan oleh tim sukarelawan untuk melacak wabah. Rekor tersebut muncul setelah pengujian turun selama beberapa minggu terakhir.

Amerika Serikat menguji rata-rata 650 ribu orang per hari. Turun dari puncaknya pada akhir Juli sebanyak lebih dari 800 ribu orang per hari. Sejak awal pandemi, disebutkan bahwa kurang pengujian telah menghambat upaya untuk mengekang penyebaran virus.

Dikutip dari Channel News Asia, orang yang dilakukan tes harus menunggu hingga dua minggu untuk mengetahui apakah mereka terinfeksi virus corona atau tidak. Hingga kini, AS telah lakukan tes 98,1 juta orang dari 331 juta populasi.

Sementara itu, jumlah kasus positif Covid-19 di AS telah tembus lebih dari 7 juta orang, bertambah 32.517 infeksi baru pada Minggu (20/9), dikutip dari situs worldometers.info.

Separuh dari total infeksi atau lebih dari 4,2 juta orang telah dinyatakan sembuh dan 204.115 jiwa meninggal dunia. Masih ada 2,5 juta kasus aktif Covid-19 di Amerika Serikat hingga saat ini.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...