Tjahjo Kumolo Sampaikan 4 Tantangan Besar PNS, Ini Poinnya

Menpan RB Tjahjo Kumolo-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meminta para widyaiswara mampu beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan zaman yang terjadi.

Pasalnya, Widyaiswara berperan penting dalam mengembangkan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Widyaiswara harus mampu mendidik dan melatih PNS dengan pola pembelajaran yang konstruktif sesuai perkembangan zaman dan dalam kondisi apapun termasuk dalam masa pandemi COVID-19,” terangnya, Minggu (20/9).

Menteri Tjahjo menegaskan, kemampuan PNS harus terus-menerus ditingkatkan melalui pengembangan kompetensi. Ini agar yang bersangkutan dapat terus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada bidang tugasnya. Dalam era globalisasi, teknologi informatika menjadi suatu keharusan.

Pemerintah terus mendorong PNS agar memiliki etos kerja yang kuat, pekerja keras, dinamis, terampil serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Di sini Widyaiswara yang menjadi garda terdepan dalam pengembangan kapasitas PNS. Widyaiswara harus memiliki inovasi pengembangan metode pembelajaran dan juga terus mendekatkan pada kebaruan praktik penyelenggaraan pemerintahan,” tegasnya.

Menteri Tjahjo juga berpesan kepada para Widyaiswara agar menyampaikan empat tantangan besar yang saat ini dihadapi Indonesia kepada peserta didik.

Tantangan pertama adalah korupsi, di mana area rawan terjadinya korupsi meliputi perencanaan anggaran, hibah dan bansos, pajak dan retribusi, pangadaan barang dan jasa, serta jual beli jabatan.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...