2021, Kemenparekraf Kembangkan TMS


FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan pengembangan sejumlah destinasi wisata tahun depan. Termasuk di daerah Toraja – Makassar – Selayar (TMS).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan, tahun ini penuh tantangan bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Berbagai rencana dan kebijakan untuk mendorong pariwisata terbatas karena krisis pandemi coronavirus desease 2019 (covid-19).

“Tahun depan diharap menjadi pemulihan. Terutama untuk membangkitkan lagi pariwisata dan ekonomi kreatif (tourism rebound),” ungkapnya.

Ditambahkannya, sesuai Perpres Nomor 18/2020 tentang RPJMN 2020-2024, sejumlah destinasi wisata akan dipoles. Ini akan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) fisik pariwisata 2021. Pihaknya membagi tiga kategori. Di antaranya 10 destinasi wisata prioritas. Lalu 8 destinasi pengembangan.

Data Kemenparekraf, ini termasuk pengembangan paket Toraja-Makassar-Selayar. “Kemudian ada satu destinasi wisata revitalisasi. Totalnya ada 159 daerah yang akan menerima DAK fisik pariwisata 2021. Jadi ada 19 provinsi ditambah 140 kabupaten dan kota. Total anggaran yang diusulkan Rp1 triliun,” bebernya.

Anggota Komisi X DPR RI, Mitra Fachruddin berharap dengan masuknya juga Sulsel sebagai salah satu destinasi yang akan dikembangkan bisa kembali menghidupkan sektor pariwisata. Apalagi sejumlah destinasi wisata unggulan sementara ditata Pemprov Sulsel.

“Makassar tentu unggul dari sisi wisata kuliner dan MICE. Toraja dahulu pernah jadi primadona. Pembukaan penerbangan ke Toraja tentu kita berharap besar kembali bisa mengungkit kunjungan wisata di Toraja. Dengan catalan tentu destinasinya mesti dipoles,” bebernya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...