Ada Gejala Covid-19? Satgas: Jangan Menahan Diri, Segera Lapor ke RS

Jurnalis di Makassar menjalani pemeriksaan PCR di salah satu puskesmas di Makassar, Selasa 21 September 2020.

FAJAR.CO.ID, MENADO — Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo, meminta masyarakat yang sudah merasakan gejala awal Covid-19 diharapkan dapat segera melaporkan diri ke pusat keseahatan terdekat untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan.

Doni mengatakan dengan mengunjungi pusat kesehatan baik klinin maupun rumah sakit, masyarakat yang memiliki gejala awal dapat langsung ditangani, sehingga tidak sampai mengalami gejala berikutnya terkait Covid-19. Ia meminta masyarakat jangan menahan diri untuk memeriksakan kondisi tubuhnya.

“Jangan ada masyarakat yang menahan diri untuk tidak melaporkan diri kepada poliklinik dan pusat kesehatan yang ada terutama puskesmas sehingga bisa ditangani dengan awal,” kata Doni dalam rapat Komisi VIII DPR, Selasa (21/9/2020).

Doni mengatakan, di setiap pusat kesehatan sudah ditentukan penanganan oleh dokter terhadap pasien dengan tipe gejala berbeda. Masing-masing pasien baik yang bergejala ringan, sedang, maupun berat akan diberikan jenis obat yang berbeda.

“Setiap tahapan-tahapan gejala ini sudah disiapkan jenis obatnya, saya tidak hapal karena saya bukan dokter tetapi dari pihak medis sudah menentukan,” kata Doni.

Sebelumnya, Doni Monardo meminta masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan Covid-19, sekalipun mereka hanya berdiam diri di rumah tanpa ada aktivitas di luar ruang.

Mengacu data pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta terdapat pasien positif Covid-19 yang ikut terpapar meski mereka sudah mengisolasikan diri dari aktivitas di luar rumah.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...