Bea Cukai Makassar Gagalkan Peredaran 3 Juta Batang Rorok Ilegal


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bea Cukai Makassar berhasil melakukan penindakan dan penyidikan di bidang cukai sebanyak dua kali di tahun 2020. Hasilnya, Bea Cukai berhasil menangkap tersangka dua tersangka, masing masing IB pada Maret dan tersangka SA Juli lalu.

Kasidik Bea Cukai Kanwil Makassar, Umar Khayam mengatakan, kronologi penindakan terhadap tersangka IB dan Barang Kena Cukai Hasil Tembakau yaitu pada tanggal 18 Maret 2020 pada sekitar pukul 18.00 WITA, berdasarkan informasi dari masyarakat akan ada pengiriman Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKC HT) berupa rokok illegal dari sebuah ekspedisi di daerah Lantebung, Makassar menuju Kabupaten Jeneponto menggunakan sarana pengangkut berupa mobil.

“Atas informasi tersebut, tim P2 Bea Cukai Makassar melakukan pengejaran dan penghentian terhadap sarana pengangkut di Jalan Poros Galesong Utara Kelurahan Tamasaju, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar untuk dilakukan pemeriksaan muatan,” katanya, Selasa (22/9/2020).

Setelah diperiksa, lanjutnya, didapati sarana pengangkut tersebut mengangkut Barang Kena Cukai Hasil Tembakau berupa rokok yang dilekati pita cukai palsu berbagai merk sebanyak 8 karton.

Atas hal tersebut dilakukan pengembangan di tempat tinggal tersangka, di mana di tempat tersebut didapati tersangka menyimpan 6 karton Barang Kena Cukai Hasil Tembakau berupa rokok yang dilekati pita cukai palsu berbagai merk.

Sementara itu, kronologi penindakan terhadap tersangka SA dan Barang Kena Cukai Hasil Tembakau yaitu pada tanggal 04 Juli 2020 pada sekitar pukul 06.00 WITA, berdasarkan informasi intelijen bahwa sebuah kontainer diduga berisi Barang Kena Cukai llegal yang berasal dari Surabaya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...