Dewan Pers Harap Pilkada Sukses dengan Hadirnya Pers yang Netral

Anggota Dewan Pers, Agung Dharmajaya

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilakda) serentak 2020, Anggota Dewan Pers, Agung Dharmajaya meminta agar pers mampu menyukseskan Pilkada dengan cara bersikap netral.

Agung mengatakan keberimbangan terhadap berita yang disebarluaskan terkait politik khususnya jelang Pilkada pada 9 Desember mendatang sangat dibutuhkan.

“Jangan sampai muncul partisipasi karena rasa dan penulisan yang tidak berimbang,” ucapnya pada kegiatan webinar dengan tema Netralitas Media Untuk Mensukseskan Pilkada, Selasa (22/9/2020).

Menurutnya, saat ini terdapat beberapa kandidat paslon yang menyasar media sosial dalam melakukan tahapan kampanye secara virtual.

Hanya saja, Agung menyebut kebijakan tersebut rawan bagi masyarakat yang dengan serta merta menyantap pemberitaan tanpa melakukan cek data.

Ia menyebut, pada akhirnya berita yang dikonsumsi masyarakat tanpa dibaca dengan baik dan dicek, akan berakhir menjadi berita hoax.

“Faktanya bisa jadi banyak yang lebih suka baca berita hoax karena mungkin bisa dilihat di banyak kasus terjadi karena malas baca, begitu diterima informasinya langsung dishare, bukan dicek dulu,” ungkapnya.

Berkaitan dengan itu, peran media massa memberi andil dalam menyukseskan Pilkada dengan tidak mudah menuliskan berita yang berbau sara atau sebagainya.

Agung menambahkan, jika media sosial digunakan sebagai bentuk kampanye bapaslon maka menjadi catatan serius bagis seluruh media massa agar jangan sampai memcederai nama media massa itu sendiri.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...