1.726.787 Peserta Didik Berpotensi Ikut Program OSOA

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Muhammad Jufri

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, tercatat potensi peserta didik di Provinsi Sulsel yang dapat mengikuti program One Student One Account (OSOA) yakni sebanyak 1.726.787 siswa.

Diketahui data tersebut mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Luar Biasa.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Muhammad Jufri mengatakan dari data tersebut mampu meningkatkan potensi keuangan yang sangat baik.

Menurutnya, jika seluruh siswa yang terdata bisa menyisihkan uang jajannya dalam sehari sebesar Rp.2000 maka dapat mencapai kurang lebih 3.453.574.000 milyar.

“Ini saja baru data dari pendidikan kebudayaan, belum data dari Kementerian Agama. Tentu ada tambahan lagi. Jadi bisa dibayangkan kalau ini dikali 26 hari efektif sekolah, maka nantinya CSR nya bisa kembali ke sekolah dengan memperbaiki taman sekolah dan lain sebagainya,” ucapnya, Rabu (23/9/2020).

Ia menyebut program OSOA tidak lepas dari penanaman karakter positif kepada anak-anak guna membiasakan menabung sejak dini yang mampu memberikan pembelajaran terhadap anak.

Mengingat anak-anak dapat diajarkan bagaimana cara hidup hemat, mulai mempertimbangkan kondisi keuangan di masa depan dan belajar mengelola pengeluaran dan pemasukan ekonominya kelak.

“Ini bukan hanya sekedar dari aspek finansialnya tapi kalau dari kepentingan kita (pemerintah) bagaimana sebenarnya mendorong anak-anak untuk membiasakan menabung sejak kecil,” ungkapnya.

“Kalau dia sudah terbiasa dari kecil, diakan mudah mempersiapkan literasi finansialnya kedepan,” sambungnya kemudian.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...