Airbus Perkenalkan Desain Jet Tanpa Emisi Berbahan Bakar Hidrogen

Airbus meluncurkan tiga pesawat konsep tanpa emisi yang dikenal sebagai ZEROe. Konsep ini termasuk konfigurasi turbofan, turboprop, dan blended-wing body yang didukung oleh propulsi hidrogen. Semua konsep ZEROe adalah pesawat hybrid hidrogen.(PA)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Airbus telah mengungkapkan rencana untuk pesawat komersial tanpa emisi pertama di dunia.

Pembuat pesawat Eropa itu mengatakan pesawat berbahan bakar hidrogen bisa mulai beroperasi pada tahun 2035 dan memamerkan tiga desain berbeda.

Desain ZEROe mewakili tiga pendekatan berbeda tentang bagaimana teknologi dan aerodinamika dapat mengarah pada penerbangan komersial tanpa emisi.

“Ini adalah momen bersejarah bagi sektor penerbangan komersial secara keseluruhan dan kami bermaksud untuk memainkan peran utama dalam transisi terpenting yang pernah dilihat industri ini.” Kata Kepala Eksekutif Airbus, Guillaume Faury.

“Konsep yang kami ungkapkan hari ini menawarkan kepada dunia sekilas tentang ambisi kami untuk mendorong visi yang berani untuk masa depan penerbangan tanpa emisi.” tambahnya.

“Saya sangat yakin bahwa penggunaan hidrogen – baik dalam bahan bakar sintetis maupun sebagai sumber tenaga utama untuk pesawat komersial – berpotensi untuk secara signifikan mengurangi dampak iklim penerbangan.”

Airbus mengklaim desain turbofannya dapat membawa hingga 200 penumpang lebih dari 2.000 mil, sementara konsep turboprop akan memiliki kapasitas dan jangkauan 50 persen lebih rendah.

Desain paling khas adalah pesawat “blended-wing body”, yang memiliki sayap menyatu dengan badan utama pesawat.

Konsep Jet blended-wing body

Ketiga pesawat tersebut akan didukung oleh mesin turbin gas yang dimodifikasi yang membakar hidrogen cair sebagai bahan bakar dan melalui sel bahan bakar hidrogen untuk menghasilkan tenaga listrik.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...