Bak Film Hollywood, Terpidana Mati Berhasil Kabur dengan Menggali Terowongan Enam Bulan

Foto udara Lapas Kelas I Tangerang, Banten, kemarin (21/9). (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID — Cai Changpan kabur dari lapas pada Senin (14/9) pekan lalu. Sudah sepekan, tim gabungan lapas dan kepolisian belum berhasil mendeteksi jejak pelarian napi yang divonis mati karena menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 110 kilogram itu.

Masih ingat film The Shawshank Redemption? Dalam film itu, Andy Dufresne kabur dari penjara dengan menggali terowongan tanpa diketahui teman dekatnya, Ellis Boyd “Red” Redding.

Cara serupa dilakukan Cai Changpan alias Antoni alias Cai Ji Fan, 53, saat melarikan diri dari Lapas Kelas I Tangerang. Bedanya, kaburnya Cai Changpan dengan cara menggali lubang itu diduga diketahui rekan satu selnya.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombespol Sugeng Hariyanto mengungkapkan, pihaknya menemukan beberapa barang bukti berupa linggis, pahat, obeng, dan barang lainnya yang digunakan terpidana mati kasus narkoba asal Tiongkok tersebut. Pemeriksaan telah dilakukan terhadap empat pegawai dan satu orang sipil.

“Kami juga akan meminta keterangan beberapa orang karena dari informasi yang kami dapat, (persiapan Red) napi yang kabur ini sudah berjalan enam bulan. Kami coba lakukan kroscek,” ujarnya saat dikonfirmasi (21/9).

Dalam rentang enam hingga delapan bulan lalu, kata Sugeng, juga terdapat pembangunan dapur di lapas berkapasitas 600 penghuni itu. Saat ini pihaknya masih mendalami apakah ada keterlibatan para pekerja bangunan memberikan bantuan alat-alat tersebut.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...