Kemana Gaya Blusukan Jokowi?, Iwan Sumule: Mestinya Turun Langsung Lihat Kondisi Rakyat di Tengah Pandemi

Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar Anyar, Kota Tangerang, Provinsi Banten, 4 November 2018. (IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ketua Majelis Pro Demokrasi (Prodem) Iwan Sumule mempertanyakan kebiasaan Presiden Joko Widodo yang rajin melakukan blusukan atau berkunjung langsung ke tengah masyarakat atau lapangan.

Hal itu sering dilakukan Jokowi saat menjabat sebagai Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Blusukan itu untuk melihat langsung kondisi masyarakat atau proses pembangunan yang dilakukan jajarannya.

“”Blusukan” yang kerap dilakukan @jokowi tak pernah tampak lagi dilakukan,” kata Iwan di akun Twitternya, Rabu (23/9/2020).

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Iwan meminta Presiden Jokowi sesekali melakukan blusukan agar bisa melihat secara langsung kondisi nyata rakyat Indonesia di tengah pandemi dengan kondisi ekonomi yang ikut memburuk.

“Mestinya @jokowi terus melakukannya & melihat langsung kondisi rakyat disaat ekonomi sedang memburuk & dihantui ketakutan mati karena Covid-19, agar bisa buat solusi tepat, dibanding tugasin LBP. Iya gak sih?” tanya Iwan.

Diketahui, dengan engandalkan gaya blusukan, Jokowi berhasil memenangkan dua kali pemilihan wali kota Solo, satu kali pemilihan Gubernur DKI Jakarta, dan dua kali pemilihan presiden.

Jokowi mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo periode 2005-2010. Sukses memimpin Solo dengan gaya blusukannya, Jokowi terpilih lagi untuk periode kedua pada 2010-2015.

Baru dua tahun memimpin Kota Solo pada periode keduanya, Jokowi diminta PDI Perjuangan lompat untuk bertarung di pemilihan gubernur DKI Jakarta.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...