Kepala Badan Antariksa Rusia Klaim Venus adalah ‘Planet Rusia’

Potret Planet Venus. (Shutterstock)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Hanya beberapa hari setelah para ilmuwan mengatakan mereka menemukan keberadaan fosfin di awan Venus, kepala badan antariksa Rusia menyatakan palnet Venus sebagai “planet Rusia.”

Dmitry Rogozin, direktur jenderal badan antariksa Rusia Roscosmos, mengatakan planet kedua dari matahari adalah “planet Rusia” saat bekas Uni Soviet mendaratkan penyelidikan di Venus beberapa dekade lalu.

“Negara kami [Uni Soviet] adalah yang pertama dan satu-satunya yang berhasil mendarat di Venus,” kata Rogozin dalam wawancara dengan The Times. Pesawat ruang angkasa mengumpulkan informasi tentang planet ini – seperti neraka di sana. ”

“Kami percaya bahwa Venus adalah planet Rusia,” tambahnya.

Program Venera era Soviet dirancang untuk mempelajari lebih lanjut tentang planet Venus, yang diyakini beberapa peneliti dapat dihuni di masa lalu.

Program Venera, yang berlangsung antara tahun 1961 dan 1984, melihat sejumlah pencapaian, termasuk pendaratan lunak di planet ini pada tanggal 15 Desember 1970 (Venera 7), yang pertama dari jenisnya.

Komentar dari Rogozin datang hanya beberapa hari setelah Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan bahwa planet Venus adalah satu tempat dalam pencarian kehidupan manusia.

“Hari ini, kami berada di puncak penemuan menakjubkan yang dapat memberi tahu kami lebih banyak tentang kemungkinan kehidupan di luar Bumi,” kata Bridenstine dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pekan lalu.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...