Mengenal Edible Flower, Bunga Cantik Aneka Warna yang Bisa Dimakan


FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mengkonsumsi berbagai macam sayur mayur dan buah-buahan tentu tak asing lagi. Namun memakan bunga rasanya bukan hal yang lumrah. Sebagian masyarakat Indonesia kerap mengonsumsi bunga melati untuk tujuan tertentu. Tapi tahukah kamu, bukan hanya melati lho yang aman dikonsumsi.

Pernah mendengar istilah edible flower? Ya, edible flower adalah kategori bunga yang aman dimakan. Bagi kaum metropolis, jenis makanan ini tentu sudah lumrah, namun berbeda dengan sebagian orang lainnya yang masih asing di telinga.

Ketika datang ke restoran fine dining, kamu pasti sering menemukan bunga-bunga cantik aneka warna dan bentuk jadi bagian dalam piring makananmu. Biasanya digunakan sebagai garnish agar tampilan makanan lebih indah dan elegan. Bunga-bunga ini bukan sekedar hiasan makanan, tapi juga bisa dimakan.

Felia Kharissa, Founder Harvest Mountain Organic Farm, sebuah kebun yang memproduksi aneka edible flower dan produk lainnya secara organik yang berlokasi di Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat ini adalah satu dari sedikit orang Indonesia yang fokus menanam bunga jenis ini.

Menurut Icha, sapaan karib Felia Kharissa, edible flower sudah umum digunakan oleh para chef di restoran dunia kelas atas. Banyak chef yang menggunakan bunga-bungaan ini untuk mempercantik tampilan hidangan atau menambah rasa yang berbeda.

Sejak tahun 2017, bunga yang dapat dimakan ini semakin luas penggunaannya di dunia kuliner, termasuk di Indonesia.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...