Dikenal Sebagai Saudagar Ulung, Andi Tabusalla Wafat di Manila

Andi Tabusalla. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Sulawesi Selatan kembali kehilangan salah satu tokohnya. Andi Tabusalla, Anggota Dewan Pertimbangan BPP KKSS 1995-2000, telah berpulang selamanya pada usia 92 tahun.

Ayah tokoh olahraga Andi Darussalam Tabusalla itu meninggal di Manila karena sakit, Kamis siang (24/9/2020) sekitar pukul 12.30 WIB.

Diketahui sejak tahun 1998, saudagar Sulsel itu memilih pindah ke Manila ikut dengan istrinya yang merupakan warga negara Filipina.

Salah satu kerabat Andi Tabussalla, Abriadi Muhara mengatakan jenazah rencananya diterbangkan ke Jakarta dan dimakamkan di pekuburan Karet Bivak, Jakarta.

“Sementara dalam pengurusan pengiriman jenazah ke Jakarta. Bisa tiga hari. Rencana jenazah akan disatukan dengan almarhumah istrinya yang lebih dulu meninggal,” katanya.

Semasa aktif di KKSS, di bawah Beddu Amang menjadi Ketua Umum, Tabusalla pernah menjamu PSM Makassar ketika pasukan Juku Eja ini juara Piala Suharto tahun 2000 di Hailai Restoran Jakarta. Ia juga kerap hadir di sejumlah acara yang digelar KKSS, termasuk pemberian donasi.

Saudagar ulung kelahiran Parepare 10 Oktober 1928 itu tercacat sudah memulai berdagang sejak tahun 1940-an. Awalnya ia membeli barang bekas dari tentara Australia lantas menjualnya kembali dengan keuntungan tipis.

Saat remaja, ia merantau ke Surabaya dan kuliah di Universitas Airlangga, namun tidak tamat. Tabusalla lebih sibuk membantu mertuanya menjual barang seni.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...