Dipecat Juli, De Boer Kini Latih Belanda Bersama Ruud van Nistelrooy

Frank de Boer/News1

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Frank de Boer resmi menjabat pelatih tim nasional Belanda. Mantan manajer Atlanta United itu menggantikan Ronald Koeman yang memutuskan menerima tawaran Barcelona, musim panas ini.

Federasi sepakbola Belanda, KNVB mengumumkan penunjukan legenda Belanda itu kemarin. Mantan bek Rangers tersebut akan memimpin Belanda hingga Piala Dunia 2022 Qatar.

“Mantan pemain internasional berusia 50 tahun itu akan memimpin Tim Oranje hingga Piala Dunia 2022,” kata KNVB dalam sebuah pernyataan.

Penunjukan De Boer mungkin sedikit mengejutkan. Pasalnya, De Boer baru saja dipecat sebagai manajer klub Major League Soccer, Atlanta United. Sang juru taktik dicopot dari jabatannya pada Juli menyusul hasil buruk klub.

De Boer dipecat setelah menghabiskan 18 bulan di Atalanta United. Sebelumnya, ia memulai karier di Ajax di mana klub Amsterdam tersebut berhasil meraih empat gelar Eredivisie berturut-turut. Ia kemudian pindah ke Inter Milan.

Di Serie A, kariernya terjun bebas dan dipecat Inter di tengah jalan. De Boer kemudian meneruskan karier di Crystal Palace sebelum ke MLS. Di level internasional, De Boer sebagai pemain memiliki 112 caps senior.

Sedangkan untuk karier manajerial, ia adalah asisten Bert van Marwijk di Piala Dunia 2010. Saat itu, Belanda tembus hingga babak final sebelum akhirnya dikalahkan oleh Spanyol dengan skor tipis 1-0 lewat gol Andres Iniesta.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...