Angkat Kearifan Lokal, Balai Pustaka Luncurkan Aplikasi Barugasikola

Balai Pustaka Luncurkan Aplikasi Barugasikola

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Balai Pustaka milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan aplikasi Barugasikola. Aplikasi berbasis media sosial untuk mempermudah pembelajaran secara daring yang saat ini diterapkan.

Direktur Utama Balai Pustaka, Achmad Fachrodji menyampaikan, kebutuhan aplikasi pembelajaran jarak jauh ini berasal dari Sulsel. Sehingga, nama yang digunakan memakai bahasa Bugis, Barugasikola.

“Kita berharap, aplikasi yang bisa diakses secara gratis ini masyarakat bisa menikmati dan mendukung pembelajaran,” kata Achmad, Jumat (25/9/2020).

Menurut Acmad, Barugasikola ini menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam satu aplikasi yang sama. Khusus orang tua siswa, aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk memonitoring aktivitas belajar si anak.

“Barugasikola memastikan, aplikasi ini mempermudah orang tua melihat kegiatan anaknya setiap hari melalui aplikasi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Muhammad Jufri, sangat mengapreasi aplikasi Barugasikola. Menurutnya, aplikasi ini akan banyak membantu proses pembelajaran di tengah pandemi Covid 19.

“Disdik akan terbantu dengan program ini, banyak kegelisahan siswa, guru, dan orang tua dengan pembelajaran daring, tentu kehadiran aplikasi merupakan jawaban,” ungkapnya.

Melalui Barugasikola kata Jufri, bisa sekaligus memperkenalkan budaya Sulsel yang dimuat di dalam aplikasi.

“Ini lahir di Indonesia Timur, bisa dimaaafkatan di seluruh Indonesia, lagi lagi Sulsel bangga karena aplikasi ini diiniasi bersumber kearifan di Sulsel,” pungkasnya. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...