Gubernur Minta Kapal Ro Ro Selayar Diselesaikan

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kabupaten Selayar adalah daerah yang memiliki kekhususan, yakni satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi dan terdiri dari gugusan beberapa pulau sehingga membentuk suatu wilayah kepulauan. Gugusan pulau di secara keseluruhan berjumlah 130 buah.

Salah satu yang masih menjadi kendala adalah transportasi laut yang belum terkoneksi dengan baik.

Gubernur Sulawesi-Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah kemudian meminta ini untuk diatasi termasuk dengan menyelesaikan pembangunan kapal Ro Ro yang sempat tertunda. Kapal penyeberangan penumpang ini dipandanng perlu untuk memberikan aksebilitas bagi distribusi orang, kendaraan dan barang di Selayar dan Sulsel. Kapal Ro Ro yang dibangun juga diharapkan menjadi sarana transportasi yang aman, nyaman dan dapat menghubungkan daerah terisolir.

Hal itu menjadi pembahasan saat Gubernur menerima kunjungan Direktur PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Selayar, H Odding Karim di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis, 24 September 2020.

“Rencana pembangunan Kapal Loro untuk Kabupaten Selayar, memang sempat tertunda, sudah sempat tergeser. Tetapi sudah kita rencanakan lagi, ada penambahan anggaran, tadi sudah disetujui Bapak (Gubernur Sulsel),” kata Direktur PT. Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa.

Diana menjabarkan lebih jauh hasil pertemuannya, bahwa fokus yang diinginkan untuk kemajuan Kabupaten Selayar. Termasuk penambahan jalur layanan. Seperti ke Pelabuhan Bira – Pelabuhan Pamatata dan Pelabuhan Jampea.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...