Mengapa Hari Jumat Sangat Istimewa

Salat jumat di Masjid Agung Baitul Mukminin yang menerapkan jarak satu meter masing-masing jamaah. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

FAJAR.CO.ID – Hari Jumat dalam Islam adalah hari yang paling ditunggu-tunggu. Mengapa ? Meski semua hari dianggap dianggap baik. Tetapi, ada satu hari yang dianggap paling baik dan istimewa, yaitu hari Jumat.

Keutamaan dan keistimewaan Hari Jumat juga telah disabdakan oleh Nabi, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah Hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

Berikut 6 keutamaan dan keistimewaan Hari Jumat :

Disebutkan, masih banyak hadis lain yang membahas tentang keutamaan dan keistimewaan hari Jumat. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan Hari Jumat yang membuatnya lebih istimewa dibandingkan hari lain adalah ini jadi waktu paling mustajab untuk mengaturkan doa kepada Allah.

Oleh karena itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak shalawat pada Hari Jumat.

Karena seperti diriwayatkan dalam HR. Baihaqi, yang terdapat dalam dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi, dengan memperbanyak shalawat pada hari Jumat, kita akan menjadi lebih dekat dengan Allah.

Terhindar dari Siksa Kubur

“Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau Hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur”. (HR. Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash).

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...