Percepat Pemulihan Ekonomi, Appi-Rahman Bakal Hapus Iuran Sampah RT

Anggota Sekber Parpol Koalisi Appi-Rahman, Azis Namu

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Selain fokus pada penanggulangan Covid-19, calon walikota dan wakil walikota Makassar Munafri Arifuddin – Rahman Bando (Appi-Rahman) juga berkomitmen pada pemulihan ekonomi.

Langkah konkret yang akan dilakukannya jika nantinya diamanahkan menjadi pemimpin Kota Makassar, Appi dan Rahman Bando akan memberi berupa insentif di berbagai lini masyarakat. Salah satu terobosannya adalah menggratiskan iuran sampah rumah tangga.

Anggota Sekber Parpol Koalisi Appi-Rahman, Azis Namu menyampaikan jika Appi-Rahman terpilih maka retribusi pelayanan persampahan atau kebersihan khusus rumah tangga akan direvisi.

“Appi-Rahman telah berkomitmen menggratiskan iuran sampah untuk rumah tangga. Program ini akan kita suarakan ke masyarakat. Seluruh kota digratiskan, khusus untuk sampah rumah tangga,” ungkap Azis Namu kepada fajar.co.id, Jumat (25/9/2020).

Tentu jika ini dihapuskan, pendapatan asli daerah (PAD) otomatis berkurang. Namun Anggota DPRD Makassar dari Fraksi PPP ini menilai angka tersebut tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan maslahat yang dirasakan masyarakat.

“Jika itu digratiskan otomatis akan ada kekurangan pendapatan daerah. Tapi saya kira itu tidak besar. Paling sekitar Rp 5 miliar. Kita bisa ganti dengan sumber-sumber pendapatan lain. Toh program ini kan untuk masyarakat juga. Untuk meringankan beban keuangan warga,” paparnya.

Sebelumnya, Appi dalam sebuah kesempatan, memaparkan program pembebasan pajak retribusi. Jika perlu ia juga akan menghapus PBB untuk warga tertentu dengan taraf ekonomi menengah ke bawah.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...