Sekprov: Kalau Stadion Andi Mattalatta Cagar Budaya, Ngak Bisa Direnovasi Dong!

Gambar rencana pembangunan Stadion Mattoanging

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemprov Sulsel boleh merevitalisasi Stadion Mattoanging. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulsel sudah memberikan lampu hijau.

Kepala BPCB Sulsel, Laode Muhammad Aksa menjelaskan, pihaknya memang sempat mempertanyakan ke Dispora Sulsel soal rencana renovasi Stadion Mattoanging. Pada dasarnya, pembongkaran dan pembangunan ulang Stadion Mattoanging tetap bisa dilakukan oleh Pemprov Sulsel.

Menurutnya, jangankan stadion, Benteng Rotterdam saja, sudah mengalami pembangunan ulang. Apalagi ketika kondisinya sudah dianggap tidak layak atau mengalami kerusakan berat. Opsi membangun dengan fasilitas dan bangunan yang lebih baik bisa dilakukan.

“Upaya ini kan untuk mempertahankan. Stadion Mattoanging memang sudah terdaftar sebagai calon cagar peninggalan budaya. Tetapi belum ditetapkan. Baru diduga, karena dianggap sudah memenuhi kriteria,” bebernya kepada FAJAR Kamis, 24 September.

Kendati begitu, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Pemprov Sulsel untuk rencana pembangunan Stadion Mattoanging. Menurutnya, tetap ada yang perlu dipertahankan untuk mengenang situs sejarah dari bangunan tersebut. Hanya saja mereka belum menetapkan bangunan yang harus dipertahankan model awalnya.

Pihaknya menunggu konsep detail engineering design atau DED rampung. Selain itu, kata dia, pembangunan museum juga penting untuk mengenang sejarah stadion tersebut. Akan tetapi, semua tetap akan dirapatkan bersama jika desain final Stadion Mattoanging sudah dirampungkan oleh pemerintah.

“Tujuan revitalisasi ini tentu baik untuk tetap mempertahankan adanya fasilitas olahraga yang nyaman bagi masyarakat. Apalagi sudah ada hasil studinya, kalau memang tak ada jalan lain untuk memperbaiki kecuali merobohkan dan membangun ulang,” tambahnya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...