Polri Temukan Ladang Ganja Seluas 10 Hektare, Ratusan Ribu Batang Siap Panen

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri memusnahkan ladang ganja. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID — Ladang ganja kembali ditemukan. Kali ini berlokasi di Desa Pulo, Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Kombes Pol Wawan Munawar mengatakan, lokasi ladang ganja ini berada cukup terpencil. Untuk sampai lokasi, harus ditempuh 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dan jalan kaki dari Seulimeun.

“Ladang ganja 3 titik lokasi, luas 10 hektare, jumlahnya 300.000 batang dengan berat 48 ton,” kata Wawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/9/2020).

Ladang ganja langsung dimusnahkan pada Sabtu (26/9) siang. Kasus ini terungkap berdasarkan pengintaian petugas sejak awal September 2020.

Saat ditemukan, pohon ganja sudah siap panen. dengan tinggi batang bervariasi mulai dari 1 meter hingga 2,5 meter. Adapun usia tanaman diperkirakan 4 bulan hingga 4,5 bulan. “Pemusnahan ini menyelamatkan 9,6 juta jiwa manusia,” imbuh Wawan.

Penemuan ladang ganja ini semakin menambah daftar panjang kasus peredaran ganja di Indonesia. Tercatat selama periode Januari-Agustus 2020, Polri berhasil membongkar 2.285 kasus dengan 2.993 tersangka.

“Sebagian besar pengungkapan tersebut mengarah ke sumber ganja salah satunya di Kecamatan Sielimeum, Kabupaten Aceh Besar,” pungkas Wawan. (JPC)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...