Dorong Peserta Baru, BPJAMSOSTEK Beri Potongan 99 Persen


FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Deputi BPJAMSOSTEK Wilayah Sulawesi Maluku, Toto Suharto mengatakan relaksasi potongan 99 persen tidak hanya berlaku bagi para pekerja yang telah lama terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Melainkan juga diberikan kepada para pekerja yang baru terdaftar. Namun dengan syarat, peserta baru atau yang mendaftar pada periode Agustus 2020, minimal harus melunasi iuran dua bulan pertama dengan tarif normal. Baru pada bulan ketiga mendapat keringanan.

“Kita juga mendorong peserta baru agar mendapatkan potongan ini tapi bagi peserta baru, mereka bayar dulu dua bulan dengan tarif normal, nanti di bulan selanjutnya baru dapat potongan,” jelas Toto.

Adanya pemberian relaksasi iuran bagi pemberi kerja dan pekerja tertuang dalam PP Nomor 49 tahun 2020 tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Selama Bencana Non Alam Penyebaran Covid-19 yang telah ditandatangani Presiden RI.

Sebelumnya, PP No 49 tahun 2020 mengatur penyesuaian mengenai periode relaksasi 6 bulan yakni periode iuran bulan Agustus 2020 hingga Januari 2021 dengan kelonggaran batas waktu pembayaran, keringanan iuran JKK dan JKM sebesar 99% atau cukup bayar 1%.

“Penundaan pembayaran sebagian iuran JP yang kemudian dapat dibayar bertahap atau sekaligus paling lambat mulai Mei 2021 sampai dengan April 2022, serta keringanan denda menjadi 0.5%,” terangnya.

Kebijakan itu bertujuan mengedepankan perlindungan hak-hak jaminan sosial ketenagakerjaan bagi peserta, meringankan beban pemberi kerja dan peserta serta menjaga kesinambungan program perlindungan, mendukung upaya pemulihan perekonomian dan kelangsungan usaha.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...