IRGC Pamer Rudal Terbaru Zolfaqar Basir, Jangkau Musuh 700 Km

IRGC Pamer Rudal Terbaru Zolfaqar Basir yang diklaim mampu menjangkau musuh hingga 700 Km-- iranian

FAJAR.CO.ID, TEHERAN — Korps Pengawal Revolusi Islam meluncurkan rudal balistik baru untuk angkatan laut dengan jangkauan lebih dari 700 kilometer.

Rudal balistik baru IRGC dijuluki “Zolfaqar Basir”. Rudal ini dipamerkan pameran tahunan pencapaian Angkatan Udara IRGC yang diresmikan pada Minggu pagi, seperti dilansir iranian, Senin, 28 September.

Dikenal sebagai versi terbaru dari rudal ‘Teluk Persia’ generasi baru, Zolfaqar Basir memiliki jangkauan di atas 700 kilometer dan hulu ledaknya dilengkapi dengan pencari optik.

Kisaran rudal angkatan laut IRGC sebelumnya, Teluk Persia dan Hormuz, masing-masing sekitar 300 dan 250 km.

Versi darat-ke-darat dari rudal Zolfaqar memiliki jangkauan sekitar 750 kilometer. Itu digunakan dalam operasi melawan teroris Daesh di Suriah pada Oktober 2018 dan dalam serangan rudal di pangkalan udara AS di Ain al-Assad di Irak pada Januari 2020.

Para pejabat Iran telah berulang kali menggarisbawahi bahwa negara tersebut tidak akan ragu untuk memperkuat kemampuan militernya, termasuk kekuatan misilnya, yang sepenuhnya dimaksudkan untuk pertahanan, dan bahwa kemampuan pertahanan Iran tidak akan pernah tunduk pada negosiasi.

Kembali pada Februari 2018, Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyed Ali Khamenei menyerukan upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan pertahanan Iran, membalas musuh karena mempersoalkan program rudal negara.

“Tanpa ragu-ragu, negara harus bergerak untuk memperoleh apa pun yang diperlukan untuk pertahanan, bahkan jika seluruh dunia menentangnya,” kata Ayatollah Khamenei pada saat itu. (fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...