Refly Harun: Gak Ada Salahnya Kita Waspada Kebangkitan PKI, Ketimbang Nanti Nyesal

Pakar hukum tata negara Refly Harun -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pakar hukum tata negara, Refly Harun menilai, tidak ada salahnya kita patut waspada terhadap isu kebangkita Partai Komunis Indonesia (PKI). Meskipun menurut dia, isu kebangkitan itu sesuatu yang belum tentu terjadi.

“Bisa jadi, bahwa bahaya laten ini belum tentu juga ada, tetapi lebih baik kita bersiap, langkah priventif ketimbang nanti kita menyesal, akhirnya komunisme bangkit kembali.” Ucap Refly Harun di Chanel YouTubenya, Senin (28/9).

Refly Harun mengatakan, bukan tanpa alasan kita patut waspada, sebab Cina yang merupakan negara dengan idoelogi Komunis, kini termasuk negara dengan kekuatan ekonomi yang peling berpengaruh di dunia.

“Ekonominya liberal, kapitalisme, tapi sistem politiknya, tetap sosialis komunistik dan ini sebuah perpaduan yang dahsyat.” Ujar Refly Harun.

Dia mengatakan Cina tidak mungkin akan eskpor demokrasi, padahal demokrasi merupakan pilihan bagi negara-negara terbuka.

“Nah, ini yang patut diwaspadai, karena tidak mungkin negara seperti Cina akan ekspor demokrasi. Padahal demokrasi adalah pilihan bagi negara-negara yang terbuka. Karena itu ya tetap saja waspada.” Pungkas Refly Harun. (dal/fin)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...