Tarif Baru Angkutan Daring Roda 4, Tiga Kilometer Pertama Kini Rp19.500

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ada perubahan tarif angkutan daring yang dilakukan oleh Dishub Sulsel. Untuk tiga kilometer pertama, tarif angkutan daring roda empat kini mencapai Rp19.500 untuk jarak maksimal 3 kilometer pertama.

Tarif ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Sulsel, Nomor 1162/IV/Tahun 2020 tentang Tarif Batas Bawah dan Batas Atas Angkutan Sewa Khusus Dalam Wilayah Provinsi Sulsel. Tak ada perubahan tarif batas atas dan bawah, hanya saja cara perhitungannya.

Sekjen Koalisi Driver Online Sulsel, Moja mengatakan, sebelumnya tarif batas bawah Rp3.500 menjadi acuan perhitungan untuk jarak 3 kilometer pertama. Jadi kalkulasinya, dikali tiga hingga mendapat angka Rp11 ribu.

“Jadi mau kurang dari 1 kilometer sampai maksimal 3 kilometer, tarifnya dulu Rp11 ribu. Sekarang tarif batas atas Rp6.500 dikali tiga, jadi yang harus dibayarkan Rp19.500 untuk 3 kilometer pertama,” bebernya kepada FAJAR kemarin.

Menurutnya, kebijakan ini merupakan tuntutan dan aspirasi para driver online. Pihaknya sudah lama meminta agar pemerintah melakukan evaluasi. Apalagi pendapatan driver online menurun drastis sejak kondisi pandemi Covid-19.

“Dalam sehari pendapatan hanya Rp100 ribu. Sangat kecil. Bahkan sulit memenuhi kebutuhan operasional hingga kebutuhan lain untuk keluarga. Makanya kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah mendengar aspirasi ini,” bebernya.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dishub Sulsel, Andi Anis mengatakan, perubahan ini dilakukan lantaran melihat kondisi operaisonal driver online. Jarak pendek mendominasi trayek angkutan di Makassar. (ful/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...