Tekan Angka Penyakit Rabies, UPTD Puskeswan Vaksin 53 Ekor Anjing Liar


FAJAR.CO ID,MAROS– Sekitar 53 ekor anjing liar diberi vaksin rabies dan perawatan kesehatan oleh UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Perranian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros, Senin (28/9/2020) di tempat penampungan anjing liar di perbatasan Kecamatan Tanralili dan Tompobulu.

Kepala UPTD Puskeswan Kabupaten Maros, drh Ujistiany Abidin mengatakan kegiatan hari ini merupakan puncak peringatan Hari Rabies sedunia.

“Hari ini kami memperingati hari rabies sedunia, dimana puncak kegiatannya di adakan Shelter atau tempat penampungan anjing-anjing liar di Kecamatan Tompobulu,” ungkapnya.

Diakuinya dalam kegiatan ini pihaknya melakukan vaksinasi rabies secara gratis, pemberian layanan kesehatan hewan dan konsultasi kesehatan hewan.

“Kegiatan ini kami lakukan dua sesi, sesi pertama 33 ekor anjing dan sesi kedua 20 ekor anjing. Dengan jumlah personel kami ada 14 orang dengan 2 dokter hewan dan 12 paramedis,” katanya.

Diakui Ujis, kegiatan ini juga salah satu cara untuk menenkan angka rabies di Kabupaten Maros.

“Karena rabies ini merupakan penyakit zoonosis, menular dari hewan ke manusia. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai kasus penyakit rabies,” sebutnya.

Menyoal kasus angka gigitan, dia mengatakan tahun ini ada penurunan jumlah kasus.

“Kita selalu berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan. Ketika ada kasus gigitan Dinas Kesehatan biasanya mengiformasikan ke kami. Jadi Diskes yang merespon manusianya dan kami yang vaksin hewan menular rabiesnya entah itu anjing atau kucing,” jelasnya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...