Angka Kematian Akibat Covid-19 di Makassar Meningkat Sepekan Terakhir

Epidemolog Unhas, Ansariadi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kasus kematian akibat virus corona (Covid-19) di Kota Makassar cenderung meningkat seminggu terakhir. Pemkot Makassar mesti waspada.

Berdasarkan laporan dari gugus tugas Covid Kota Makassar, kematian yang awalnya hanya rata rata 5 kasus per pekan meningkat hingga 10 kasus dalam sepekan.

“Grafik penambahan kasus meninggal mingguan terjadi kenaikan. Jika sebelumnya rata-rata 5 kasus, sepekan terakhir mencapai 10 kasus,” ujar Epidemolog Unhas, Ansariadi saat ditemui di posko covid Makassar, Jalan Nikel Raya, Senin (28/9/2020).

Dari data terbaru gugus tugas Covid Kota Makassar, total kematian akibat corona di Makassar menjadi 277 orang. Dengan total yang terkonfirmasi positif sebanyak 8.321 orang berdasarkan data terakhir. Dengan total sembuh tergolong tinggi mencapai 74 persen atau sekitar 6160 orang.

Ansariadi mengungkapkan, penyebab tingginya angka kematian pasien Covid-19 yaitu keterlambatan penanganan.

Menurutnya, terkadang pasien corona sudah datang dan diperiksa dengan kondisi kesehatan yang buruk.

“Bisa saja pasien ini baru datang di rumah sakit ini ketika kondisinya sudah memburuk. Ini membuat kematian meningkat. Disisi lain rumah sakit rujukan masih tersedia,” pungkasnya. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...