Bali dan Aceh Susul 8 Provinsi Lainnya Masuk Prioritas Penanganan Covid-19

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: BNPB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Dua provinsi diusulkan masuk prioritas penanganan COVID-19. Yakni Bali dan Aceh. Sebelumnya sudah ada 8 provinsi yang menjadi atensi. Prioritas diberikan karena provinsi tersebut terdata sebagai penyumbang kasus Corona terbanyak di Indonesia.

Delapan provinsi yang sebelumnya sudah masuk prioritas adalah: DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua.

“Satgas mengusulkan tambahan 2 provinsi lagi. Yaitu Bali dan Aceh. Karena dua provinsi ini alami peningkatan yang cukup tinggi. Sehingga total semuanya 10 provinsi,” kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo, di Jakarta, Senin (28/9).

Doni mengatakan, Presiden Joko Widodo ingin ada intervensi berbasis lokal dalam upaya perubahan perilaku. Karena itu, pihaknya akan menggandeng seluruh relawan hingga akademisi. Termasuk komunitas di provinsi prioritas.

Selain itu, Satgas sudah menjalin kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). “Satgas bersama PWI telah melakukan kerja sama untuk pelibatan 5.800 wartawan dari seluruh provinsi. Mulai dari Provinsi Aceh sampai Papua,” imbuhnya.

Tak hanya program perubahan perilaku. Para wartawan juga diminta ikut menangkal berita hoax terkait COVID-19. Sebab, masih banyak berita-berita tidak benar yang beredar di tengah masyarakat.

Menurutnya, 5.800 wartawan ini akan menjadi bagian dari Satgas Corona. Kepala BNPB itu berharap para wartawan bisa menyampaikan berita positif ke masyarakat.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...