FGD Dampak Penyebaran Covid-19, Perlu Ada Rumusan Policy Brief

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Pandemi Covid-19 memberi dampak signifikan di segala sektor terutama di bidang kesehatan, ekonomi dan kehidupan sosial bermasyarakat.

Hal tersebut disampaikan Direktur Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI), Athor Subroto saat membuka Forum Grup Discussion (FGD) Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, secara virtual, Selasa (29/9/2020).

Tanggapan dan solusi strategis merupakan langkah urgent untuk menghindari dampak yang lebih signifikan, Kebijakan pada skala nasional dan daerah yang komprehensif dan solid merupakan kunci dari solusi strategis yang efektif dan efisien pada masa krisis pandemik,” kata Athor lewat pada FGD virtual tersebut.

Ia menuturkan, ringkasan kebijakan (policy brief) tentang tanggapan krisis pandemi yang ada di Indonesia saat ini di dominasi pada skala nasional yang pada dasarnya didesain berdasarkan situasi dan kondisi Jakarta sebagai ibu kota.

“Kota metropolitan terbesar dan pusat penyebaran Covid 19 dengan angka korban tertinggi di Indonesia,” ucapnya.

Sedangkan, lanjut dia, policy brief yang ada pada skala daerah sejatinya mengikuti policy brief dari pusat. Sebab itu, isu ini perlu diperhatikan karena Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan keberagamannya dan permasalahan masing-masing daerah, sehingga kebijakan yang perlu digariskan mempertimbangkan isu, potensial dan keadaan contextual masing-masing daerah.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...