Beri Penghidupan Layak, Disnakertrans Beri Pelatihan Usaha ke Eks Napi Terorisme

Kepala Disnakertrans Sulsel, Andi Darmawan Bintang

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Darmawan Bintang mengatakan akan membantu mengembangkan dan melakukan pendampingan kewirusahaan terhadap Subdit Bina Masyarakat.

“Kita berikan pendampingan dalam konteks di masa pandemi kemudian pasca pandemi,” kata Darmawan, saat ditemui di Hotel Sheraton, Rabu (30/9/2020).

Menurutnya dalam melakukan pengembangan dan pendampingan, pihaknya tidak serta merta dapat melakukan identifikasi usaha apa yang akan dikembangkan, namun harus disesuaikan dengan melihat angka pasar.

“Serta bagaimana kita memastikan kedepannya apa yang menjadi produk yang dihasilkan dalam wirausaha yang dikembangkan itu,”ujarnya.

Diketahui, hal itu sesuai dengan arahan Pemerintah Provinsi Sulsel yang dalam hal ini Gubernur Sulsel dalam menjalin sinergitas dan kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sebelumnya, Gubernur Sulsel berharap agar eks teroris dapat diberdayakan dengan memberikan penghidupan yang layak agar perekonomiannya terpenuhi.

Dalam pengembangan kewirausahaan, lanjut Darmawan, setiap Subdit Bina Masyarakat memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Sehingga, pihaknya akan mencatat skill yang menonjol dari diri eks napi terorisme tersebut.

“Mereka menginginkan ada semacam tingkatan kapasitas sesuai bidang masing-masing dan itu ditetapkan dan memungkinkan tahun depan kita bisa akomodasi kepentingan mereka,” beber Darmawan.

Sementara terkait bantuan pembiayaan bagi Sudbit Bina Masyarakat yang membutuhkan dana usaha, Darmawan mengaku akan menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) dalam mengasah kemampuan masing-masing personal.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...