74 Tahun Bea Cukai untuk Negeri


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Panji pengabdian Bea Cukai telah dikibarkan 74 tahun silam, sejak awal Republik ini berhasil meraih kemerdekaannya. Selama 74 tahun itu pula berbagai terpaan badai dalam mengelola organisasi datang silih berganti, namun bea cukai tak pernah gentar, semangat pengabdian yang berlandaskan jiwa korsa membuat organisasi ini tumbuh semakin kokoh menuju bea cukai yang makin baik.

1 Oktober 2020 memperingati 74 tahun hari dimana instansi ini lahir, Bea Cukai mengusung tema “Saling melengkapi dalam keberagaman, membangun Pertiwi dalam kebersamaan.

Indonesia sebagai bangsa yang besar dan bangsa yang kuat, Direktorat Jenderal Bea Cukai diharapkan mampu menjadi elemen pemernyatu bangsa, serta mampu berproyeksi terus maju dengan semangat perbaikan demi Bea Cukai Makin Baik.

Pada usia 74 Tahun  Bea Cukai menghadapi Pandemi SARS-Cov-2 atau yang lebih sering disebut pandemi Virus Corona yang telah melanda dunia sepanjang tahun 2020 ini, Kementerian Keuangan melalui Bea Cukai turut berperan dalam membantu usaha pemerintah dalam menghidupkan kembali perekonomian Indonesia.

Bea Cukai turut menyukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang merupakan program pemerintah yang dirancang untuk memulihkan ekonomi Indonesia agar dapat bertahan dan bangkit dari tekanan ekonomi akibat Covid-19.

Mendukung PEN, Bea Cukai telah memberikan beberapa fasilitas yaitu fasilitas  kepabeanan untuk penanganan kesehatan, fasilitas kepabeanan untuk kelangsungan usaha industri, dan fasilitas kepabeanan untuk pemulihan ekonomi pada masa dan pasca pandemi dengan total realisasi fasilitas pembebasan Bea Masuk dan Pajak Impor sebanyak Rp. 1,50 Triliun (data 13 Juli 2020).

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...