Diskes Kembali Kelola Pembangunan RS, Legislator Golkar Beri Atensi

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Andi Suharmika

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar kembali mengelola pembangunan rumah sakit (RS). Legislator DPRD Makassar pun mengingatkan jangan sampai terbengkalai lagi.

Sebelumnya, pembangunan RS Batua sempat ditangani Diskes Makassar. Namun, proyek tersebut gagal tender pada 2017 lalu. Ada beberapa persoalan. Salah satunya, dengan mencuatnya dugaan korupsi.

Berdasarkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, tiap program utamanya fisik tak lagi ditangani dinas pekerjaan umum (PU). Namun, dikembalikan ke dinas masing-masing.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Andi Suharmika mengatakan, sejumlah pihak meragukan kompetensi Diskes Makassar dalam menjalankan proyek. Apalagi, sudah ada RS Batua yang saat ini pembangunannya mandek.

Makanya, pengembalian kewenangan mengelola proyek fisik ke Diskes Makassar ini menjadi atensi. Suharmika meminta ada kolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang lebih memahami persoalan konstruksi bangunan.

“Ini harus serius. Untuk itu kalau ada aturan seperti ini, diskes harus bisa berkoordinasi dengan baik dalam nengoptimalkan pembangunan di RS karena mereka (Dinas PU) yang paham,” kata dia, Rabu (30/9/2020).

Legislator Partai Golkar itu menyarankan, paling tidak pada tahapan awal dalam melanjutkan pembangunan RS, Diskes meminta adanya pendampingan dari Dinas PU.

“Tidak masalah meskipun ada aturan sekarang. Kalau menurut saya, harus memang berkoordinasi dengan Dinas PU. Karena sebelumnya kan perencanaannya mereka kerjakan tetapi terkena refoucusing,” terangnya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...