Kasus Covid-19 pada Anak Meningkat Empat Bulan Terakhir

Epidemolog Unhas, Ansariadi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pandemi Covid-19 masih terus merebak. Bisa menjangkiti siapa saja. Termasuk anak usia sekolah.

Terbukti dalam empat bulan terakhir, khusus Kota Makassar, terjadi peningkatan kasus Covid-19 Pada anak usia sekolah hingga mahasiswa.

Hal tersebut diungkapkan Epidemolog Unhas, Ansariadi. Ia menuturkan, padahal Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar belum membuka sekolah tatap muka.

“Jumlah kasus Covid-19 di Kota Makassar di bulan Juli hingga September pada anak sekolah cukup tinggi,” ujar Ansariadi, Jumat (2/9/2020).

Menurut Ansariadi, sebanyak 73 anak yang tengah menempuh pendidikan sekolah Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar terpapar Covid-19. Di mana kisaran usia mereka 5-9 tahun.

Sementara anak yang berumur 10-19 tahun yang memasuki bangku SMP sampai mahasiswa sebanyak 289 orang yang terpapar Covid-19.

“Ini sangat mengkhawatirkan, pemerintah harus berpikir lagi jika ingin buka sekolah. Karena belum buka saja datanya seperti ini, tidak bisa dibayangkan jika sudah dibuka,” ungkapnya.

Menurutnya, ada dua faktor yang menyebabkan golongan umur tersebut tertular meski belum beraktivitas di sekolah.

“Yang pertama kemungkinan tertular dari orang-orang rumahnya, kedua, meski tidak sekolah, mungkin dia keluar kumpul dengan teman-temannya di luar, yang temannya itu positif Covid-19,” jelasnya. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...