Kopi Bantaeng Menuju Pasar Internasional

Jumat, 2 Oktober 2020 14:57

Kopi Bantaeng Menuju Pasar Internasional

Dia mengatakan, potensi ini masih bisa bertambah setelah Pemkab Bantaeng mulai mengaktifkan sentra pengolahan Kopi Banyorang. Sejumlah peralatan pengolahan kopi di tempat ini, akan dapat membantu mempercepat produksi kopi dari petani Bantaeng.

“Kita harapkan melalui sentra pengolahan kopi ini, pendapatan petani kopi juga bisa bertambah,” jelas dia.

Dia juga menambahkan, saat ini, Pemkab Bantaeng melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan tengah mendorong munculnya petani kopi milenial. Para petani ini adalah mereka yang terlatih mengembangkan pertanian kopi, memanen dan memproduksi kopi yang telah siap dipasarkan.

“Kelompok ini sudah mulai kami munculkan, tujuannya agar petani di Bantaeng bisa meningkatkan taraf hidup dengan mengubah pola pemasaran,” jelas dia.

Dia juga mengatakan, Dinas Pertanian dan Perkebunan juga tengah mengembangkan jenis kopi Liberca Bantaeng. Rencananya, pengembangan ini akan dilaksanakan di kawasan Agrowisata hutan pinus Rombeng.

“Jadi kawasan ini juga akan menjadi pusat wisata kopi di Bantaeng,” jelas dia.

Dia mengatakan, program ini akan mulai dilaksanakan tahun ini. Sejumlah benih kopi akan ditanam di kawasan itu. Selain untuk kawasan agrowisata, keberadaan kopi di tempat itu diharapkan dapat menekan penggundulan kawasan daerah resapan air kaki gunung.(*)

Bagikan berita ini:
10
7
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar