Suka Duka ASN Penagih Utang, Kekerasan Hingga Ancaman Pembunuhan Menghantui

Ilustrasi ancaman pisau

FAJAR.CO.ID — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berperan sebagai bendahara negara. Lembaga ini memiliki tanggung jawab dalam menagih utang kepada para debiturnya.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengungkapkan, tidak jarang mereka mendapatkan ancaman yang mengancam nyawa.

Menurutnya, ancaman pembunuhan yang mengintai para pegawai Kemenkeu pun pernah dialami. Hanya saja, kata dia, tidak ada laporan resmi terkait hal tersebut.

“Kasus-kasus yang kami alami ada saja. Saya tidak bisa mengatakan tidak ada sama sekali, meski report yang resmi itu tidak ada. Mungkin karena itu kami anggap kasus yang jarang,” ujar Isa dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (2/10).

Isa juga menuturkan, peristiwa beberapa tahun lalu teman seprofesinya menagih piutang pajak. Namun petugas pajak malah mendapatkan kekerasan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Beberapa tahun yang lalu ada laporan teman pajak di Nias. Saat itu dia menagih piutang pajak, kemudian yang ditagih tidak puas dan kemudian melakukan penusukkan dan sebagainya itu ceritanya ada tapi itu teman-teman pajak,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, pengalaman lain yang dirasakan oleh petugas pajak dalam menjalankan tugas adalah kesulitan dalam pelacakan debitur. Sehingga proses penagihannya tidak bisa dilakukan secara tuntas.

Sebagai informasi, piutang negara adalah jumlah uang yang wajib dibayar oleh mereka yang memiliki utang kepada negara berdasarkan suatu peraturan, perjanjian, atau sebab apapun. Jenis piutang terbagi menjadi dua, yakni piutang lancar dan piutang jangka panjang. (JPC)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...