Amien Rais Deklarasikan Partai Ummat, Pengamat: Pemilih PKB, PKS dan PPP Bakal Tergerus

Amien Rais

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pengamat politik Pangi Syarwi Cinago memprediksi Partai Ummat besutan Amien Rais akan merebut pemilih partai Islam.

Pangi melihat Partai Ummat akan menyasar pemilih dari kalangan umat Islam. Partai ini akan berebut pemilih dengan partai berbasis Islam, seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Bangsa (PKB).

“Maka Pak Amien Rais akan bertarung berkontestasi untuk mengambil simpati pemilih partai Islam, seperti PKB, PPP, PKS. Itu saya lihat dari Mukadimahnya sangat kental nilai Islamnya,” jelasnya saat dihubungi PojokSatu.id di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research itu, partai berbasis nasionalis tidak akan terganggu dengan kehadiran Partai Ummat.

“Justru partai nasionalis akan merasa tidak terganggu,” ujarnya.

Baca juga: Selain di KPU dan Kemenkumham, Ini Tantangan Besar yang Harus Dihadapi Partai Ummat

Kendati demikian, Pangi memprediksi Partai Ummat tidak akan mudah lolos ke ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

“Ini tantangan yang berat dan tidak mudah kalau pada level mendirikan partai. Terdaftar di KPU, Menkumham, oke, mungkin bisa dilalui,” ucapnya.

“Tapi, kalau untuk lolos di ambang batas parlemen butuh kemahiran sendiri dan itu tidak mudah,” lanjutnya.

Dengan melihat kontestasi pemilu pada tahun 2019, Pangi menyebut banyak partai baru tidak lolos ke DPR, seperti PSI, Perindo, Partai Berkarya, Partai Garuda.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...