Beberkan Pengalaman Tangani Pasien, Ini Obat yang Paling Bagus Menyembuhkan Covid-19

Ilustrasi virus corona. Foto: Shutterstock

FAJAR.CO.ID — Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dr Andani Eka Putra, membeberkan pengalamannya merawat pasien Covid-19.

Dia mengatakan bahwa obat yang paling bagus untuk pasien Covid-19 adalah menghilangkan stres dan depresi.

“Sebenarnya obat yang paling bagus menghilangkan Covid-19 itu adalah bagaimana menghilangkan stres atau depresi pada waktu pasien dirawat. Itu paling bagus,” kata Andani saat diskusi virtual Sinergi Mencari Obat Covid” Sabtu (3/10).

Menurut Andani, ini juga berdasarkan

Sebab, ujar dia, banyak pasien Covid-19 yang mengalami stres ketika dinyatakan terinfeksi corona.

“Kuncinya, tetap memotivasi semangat itu yang paling penting,” jelasnya. Andani mengatakan selain itu yang perlu dilakukan adalah melakukan deteksi secepat mungkin, sehingga pasien tidak jatuh terlebih dahulu.

Menurutnya, ketika didiagnosa, maka pasien bisa segera beristirahat, makan obat-obatan, dan sebagainya, sehingga kondisinya akan membaik lebih cepat.

Ia mengatakan bahwa banyak sekali pasien yang ketika masuk ke rumah sakit karena Covid-19, di pikirannya itu muncul bahwa stigma jelek akan dialami keluarganya, dianggap aib, bahkan mereka seolah-olah akan menghadapi kematian dan macam-macam.

“Sebenarnya tidak ada masalah sama sekali. Jadi, saya sepakat sekali, yang paling penting untuk pasien itu bagaimana memperbaiki motivasi,” katanya.

Menurut dia, pendekatan yang dilakukan petugas medis kepada pasien juga sangat penting sekali. Dia menegaskan bahwa pasien membutuhkan komunikasi. “Pendekatan itu penting sekali,” tegasnya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...