Bank Sulselbar Target Enam Bulan Salurkan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Sulselbar resmi mendapatkan penempatan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebesar Rp1 triliun. Targetnya bisa tersalurkan dalam enam bulan kedepan.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Bank Sulselbar, Irmayanti Sultan mengatakan pihaknya menerima penempatan dana PEN sesuai pengajuan. Pihaknya juga komitmen akan me-leverage dua kali lipat sesuai permintaan pemerintah atau menyalurkan minimal Rp2 triliun.

“Kita target bisa salurkan hingga Maret 2021 nanti. Tentu ke sektor-sektor produktif terutama UKM. Juga konstruksi, BPR, koperasi dan sektor lainnya. Core bisnis kami seperti ke ASN juga tetap jalan,” ungkapnya.

Pihaknya optimis penyaluran akan cukup ekspansif karena sudah ada pipeline. Untuk percepatan penyaluran kredit UMKM misalnya, pihaknya sudah menyiapkan strategi khusus. Salah satunya dengan kerja sama dengan Dinas Pertanian. Polanya dengan supply chain.

“Tahap awal untuk komoditas jagung di tiga kabupaten, Takalar, Gowa dan Jeneponto. Konsepnya kami membiayai minimal 1.000 petani di awal. Ada sistem kerja sama kami dengan supplier dan offtaker. Jadi risiko kreditnya lebih mudah dimitigasi,” bebernya.

Kata dia, penyaluran kredit akan concern sesuai dengan permintaan Gubernur, Bupati dan wali kota yang menjadi pemilik saham. Terutama untuk méndorong kesejahteraan petani. Terutama diharapkan biaya produksi petani bisa ditekan lebih rendah dari harga jual komoditas.

“Sehingga petani menjadi untung. Tentu untuk dana PEN ini kita siapkan skim baru untuk berbagai sektor. Pastinya bunganya akan lebih ringan,” tukasnya. (fik)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...