Kemenag Sulsel Segera Hadirkan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu, Ini Lokasinya

FOTO: HUMAS KANWIL KEMENAG SULSEL.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, Khaeroni mengatakan, tahun 2021 pihaknya menargetkan akan menghadirkan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) secara nasional di tiga titik wilayah Sulawesi Selatan.

Masing-masing di Kabupaten Sidrap, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Kepulauan Pangkajene (Pangkep).

Menurutnya, percepatan pembangunan PLHUT sangat dibutuhkan, mengingat animo masyarakat Sulawesi Selatan untuk melaksanakan ibadah haji cukup tinggi.

Terbukti, dengan rekor daftar tinggi terlama di Indonesia sebagian besar berasal dari kabupaten kota di Provinsi Sulsel.

“Pembangunan PLHUT di Sulsel dipandang sangat strategis dan Alhamdulillah tahun 2019 kemarin sudah memiliki 1 Gedung PLHUT di Kabupaten Wajo dan menjadi yang pertama di luar Jawa. Tahun ini tambah satu lagi di Kabupaten Bulukumba,” beber Khaeroni.

Bahkan, dirinya mengapresiasi progres pelaksanaan Haji dan Umrah di Sulsel, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas, meski di tengah pandemi Covid-19.

Khaeroni menyebut pelaksanaan pembinaan dan pelayanan kepada calon jamaah haji di tengah pandemi mampu dimanfaatkan menggunakan alternatif lain seperti pemanfaatan teknologi dalam setiap progamnya, seperti program manasik haji.

“Dalam skala yang terbatas melalui program manasik haji sepanjang tahun, media informasi dan tekhnologi sangat berperan dengan melaksanakan manasik secara virtual,” jelasnya.

Sementara Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Nizar Ali juga mendorong dan mengharapkan para penyelenggara haji dan umrah (PPIU dan PIHK) di Sulsel dapat menjadikan Asrama Haji Sudiang sebagai destinasi Manasik Haji serta pusat titik kumpul jemaah calon haji dan umrah sebelum diberangkatkan ke tanah suci, agar efektif dan efesien.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...